Blog informasi penggemar : Land Rover Series, Motor Classic, dan olah raga sepeda Gunung (MTB)

Sabtu, 16 Mei 2009

Track sepeda MTB

RINDU ALAM TRACK (PUNCAK JAWA BARAT)

Track Rindu Alam memang menjadi alternatif favorit untuk riding XC di kalangan para hobbiest MtB di seputaran JABODETABEK, ada beberapa alasan yang membuat track ini menjadi sangat favorit seperti :

Track ini tidak jauh dari seputaran JABODETABEK, kira-kira hanya 1 jam dari pusat kota Jakarta.

Track ini cukup mewakili sebuah track XC yang ideal, dikarenakan di dalamnya semua kontur track terpenuhi, seperti kontur tanah, batu, tanah berumput, uphill, down hill, semua ada.

Akomodasi menuju tempat start sudah tersedia, termasuk area parkir kendaraan para MtB ers.

Suasana dan pemandangan alam yang eksotis.

Beberapa panduan untuk para MtB ers, jika ingin XC di Rindu Alam :


I. PERSIAPAN DI RUMAH

Perbanyak informasi mengenai track Rindu Alam ini melalui teman-teman yang sudah menjelajahi track ini, jangan sendirian menjelajahi track ini, hal ini dimaksudkan jika sampai terjadi kecelakaan teman ber MtB bisa segera menginformasikan dan memberikan pertolongan darurat.

Persiapkan/kondisi MtB satu hari sebelum hari H seperti kondisi rem, ban, RD dan FD, hub, tools (pompa ban, pompa shock, kunci L, spare tire, sendok ban)

Persiapkan kondisi fisik tubuh, jangan melakukan aktifitas fisik yang berlebihan, seperti tidur yang terlalu larut dan lain sebagainya.

Tempatkan MtB yang sudah siap di kendaraan pada malam hari, sehingga pada pagi hari tidak menjadi tergesa-gesa jika kita terlambat bangun tidur.

Persiapkan bag pack (bladder) seperti air minum (1,5 liter cukup untuk rute track ini), hindari penggunaan minum-minuman berenergi cukup air putih, dipersilahkan jika ingin membawa power bar, coklat ataupun gula jawa/pisang untuk menambah energi di tengah perjalanan.

Persiapkan perlengkapan riding seperti : jersey ataupun kaos yang mudah menyerap keringat, helm, body protector, sarung tangan, kaca mata dan sepatu (disarankan menggunakan sepatu yang solnya tidak licin jika terkena air), obat-obatan P3K (betadine, kassa steril, plester, pembalut luka stretch, jika diperlukan penghilang rasa sakit, obat-obatan yang biasa dikonsumsi)

Sebaiknya dikoordinasikan antar teman-teman riding untuk berangkat bersama-sama menggunakan seminimal mungkin kendaraan, mengingat lahan parkir yang terbatas di Ciawi.

Jangan lupa untuk mohon doa restu dari seluruh anggota keluarga di rumah.

  II. PERSIAPAN PERJALANAN

1. Alokasikan waktu untuk perjalanan menuju Ciawi, sehingga sampai di areal parkir Restoran Sederhana Ciawi maksimal jam 06.30 wib mengingat areal parkir di Restoran Padang Sederhana terbatas, biasanya semakin siang akan semakin banyak para MtB ers yang berdatangan.

2. Segera turunkan MtB dan loading ke angkot yang sudah siap di areal parkir untuk membawa kita ke tempat start di Rindu Alam (satu angkot bisa memuat 3 MtB beserta pengendaranya, ongkos untuk 1 angkot saat ini Rp. 70.000,- ). Pada saat loading MtB ke angkot pastikan ban beserta quick release beserta bautnya tidak tertinggal di kendaraan ataupun jatuh di areal parkir (baut quick release jatuh ataupun hilang kita tidak akan bisa riding MtB)

3. Sesampai di tempat start (Warung Mang Ade) segera turunkan MtB dari angkot dan pastikan tidak ada yang tertinggal seluruh perlengkapan di dalam angkot, segera rangkai ban depan dan ban belakang di frame MtB, pastikan anda sudah sarapan sebelum start.

4. Sebelum start diharuskan membayar retribusi untuk memasuki areal dari gunung mas yang besarnya Rp. 1.000,-/orang. Jika ada rombongan lain ada baiknya rombongan dikumpulkan dan diberikan SAFETY BRIEF terhadap track Rindu Alam ini oleh MtB ers yang sudah mempunyai pengalaman tentang track ini.

5. Terakhir tetap menjaga komunikasi dengan penduduk sekitar yang lahannya dilewati dan jangan membuang sampah selama perjalanan (KEEP CLEAN)
________________________________________

0 komentar:

Posting Komentar

Titi Kolomongso Ndunyo


Cak Nanto