Blog informasi penggemar : Land Rover Series, Motor Classic, dan olah raga sepeda Gunung (MTB)

Sabtu, 16 Mei 2009

Merakit Sepeda Sendiri
















Sangat ingin rasanya  tinggal di kawasan yang memiliki pemandangan indah dan suasanannya masih seperti alam pedesaan serta sejuk pula hawanya seperti di Bogor, disamping Bogor banyak memiliki lokasi untuk offroad, Bogor juga tidak jauh dari kota Jakarta dan karena senang kegiatan seperti  kemping di alam terbuka, maka kurang lengkap kalo tidak membawa serta sepeda. Karena hobi tersebut maka sepeda yang paling tepat bagi saya rasanya  adalah jenis sepeda MTB.

Tulisan ini bertujuan untuk berbagi tips dalam merakit sepeda bagi pemula(termasuk saya). Sehingga dapat membantu teman-teman yang lain.

Ada dua(2) cara untuk memiliki sepeda :
1.Membeli sepeda secara utuh (full bike) - Jika cocok harganya.
2.Merakitnya sendiri (Maksudnya memilih komponen sendiri sesuai kemauan) - harga di cocok-cocokan.

Karena didasari ingin punya sepeda yang nyaman dipakai dan sesuai keuangan pula (ini yang paling utama) maka saya putuskan untuk merakit sendiri.

Komponen Utama sepeda saya adalah :

Frame 

Frame adalah rangkanya sepeda, saya pakai merek  Polygon dengan pertimbangan buatan lokal serta harga murah namun cukup ringan karena bahannya alluminium, dan tentukan pula ukurannya, ukurannya mulai 14, 15, 16, 17 dan 18 inch, karena pertimbangan tinggi  cuma 163 cm maka saya putuskan pakai ukuran 14" jenis DJ alias hard tail (gak pake suspensi belakang, mestinya beli yang fullsus tapi harganya kemahalan.

Group Sets

Group set  terdiri dari Bottom Bracket (BB), Brake Lever (BL), v/Disc Brake (BR), Chain (CN), Chain Cassette (CS), Crabksets (FC), Front Derailleur (FD), Rear Freehub (FH), Front Hub (HB), Rear Derailleur (RD), Shift Lever (SL), dan Brake/Shift Levers(ST). Yang umum adalah  shimano  (karena kata 'ngkoh yang jualan, ini merek yang umum dipakai di hampir semua sepeda...hehehehe). sebenarnya type-nya cukup banyak  yaitu : Accera, Alivio, Deore, SLX, XT dan XTR, akhirnya saya putuskan group sets-nya type SLX karena ada di tengah-tengah.

Brake/Rem

Untuk rem, karena rencananya juga buat offroad dan cross country, maka saya pake rem cakram atau diskbreak  depan belakang yang pake cairan/hydraulic supaya pakem di jalan turunan, 

Sadel-Jok

Supaya empuk dan tidak gampang kesemutan saya pilih yang bahannya "gel" supaya tidak gampang kesemutan...hehehe

Ban dan Velg

Velg saya pilih sun-rim...karena sangat ringan, ban pake maxis, kaget juga dengan harga bannya karena sama dengan harga ban motor...tapi ternyata ringan , lentur dan kuat karena bahannya dari kevlar.

Fork

Fork depan saja, saya pilih yang agak ringan tapi kuat.

Setelah saya pake jalan-jalan ternyata lumayan juga, cukup ringan dan halus perpindahan gigi-giginya terutama buat di tanjakan.

Salam

0 komentar:

Posting Komentar

Titi Kolomongso Ndunyo


Cak Nanto