Blog informasi penggemar : Land Rover Series, Motor Classic, dan olah raga sepeda Gunung (MTB)

Sabtu, 16 Mei 2009

Track Gunung bubut Bogor





Akhirnya berkesempatan juga untuk datang pada kegiatan bulanan Petrobikers K3S yang kali ini diadakan di Tamansari Persada-Bogor. Berbekal Toyota Kijang pinjaman dari teman untuk mengangkut 3 sepeda MTB, maka berangkat jam 05.30 dari rumah menuju Bogor.

Tadinya agak menganggap remeh acara ini, karena mengira paling-paling adalah fun bike keliling kota, Setelah bersalam-salaman berkenalan karena baru pertama kali ikutan. Ternyata dugaan saya salah besar, dimulai dari melihat persiapan bongkar pasang sepeda dari mobil, dan memasang perlengkapan-perlengkapannya rasanya ini bakalan ada kejutan dan bukan sekedar fun bike biasa berkeliling kota.

Pertama kali agak keder juga melihat sepeda-sepeda MTB diturunkan dari mobil yang “serius” mereknya dan dipersiapkan dengan sempurna, rasanya ini tidak sekedar acara sepeda gembira, apalagi umumnya memakai “jersey” yang seragam berikut perlengkapan safety lainnya, untungnya teman dekat dari Elnusa cepat tanggap karena melihat saya pake kaos “family gathering bpmigas” dan segera melemparkan jersey elnusa yang masih baru ukuran XL pula supaya lingkar perut tidak menonjol katanya..he..he..he, maka jadilah saya seperti Tim Elnusa.


Setelah dicek rombongan masing-masing, maka ada satu orang rombongan gelap dari BPMIGAS (gelap kulitnya pula..hehehe), maka saya memperkenalkan diri dan memproklamirkan pula bahwa BPMIGAS juga sudah punya tim petrobikers meskipun baru terbentuk belum seminggu tapi wakilnya sudah ada dan siap untuk terjun (sok yakin juga ngomong gitu padahal baru rutin naik sepeda belum ada sebulan…hehehe).


Dan setelah beres, maka rutin dilakukan berdoa bersama, sarapan ringan dan dilanjutkan foto bersama, maka mulai meluncurlah rombongan (75 orang) menuju perkebunan kelapa sawit “gunung bubut”, ternyata benar dugaan saya bahwa ini bukan “sepeda gembira” tetapi benar-benar cross country naik turun gunung yang cukup memacu adrenalin...

Lokasi Gunung bubut merupakan salah satu favorit track ber-MTB di bogor...karena medannya cukup berat, jarak yang ditulis diundangan sepanjang 15 km ternyata salah ketik, sebenarnya 25 km dan biasanya ditempuh dalam 3-4 jam (kaget juga buat pemula...hehehe), dengan jarak yang tidak terlalu jauh namun waktunya cukup lama dikarenakan medannya cukp berat, banyak tanjakan-tanjakan panjang di hutan sawit, juga turunan-turunan tajam …. tapi maju terus pantang mundur..

Diawali dengan pemanasan lewat jalur aspal kurang lebih 4 km menuju perumahan Billabong, saya masih sanggup ngebut mengikuti rekan-rekan petrobiker yang sejak awal juga cukup ngebut tanpa jeda sedikitpun…

Medan berat sesungguhnya adalah di hutan sawit gunung bubut, tipe jalan Mc. Adam, tanjakan panjang yang tidak cuma mengandalkan kekuatan dengkul tetapi juga cermat dalam memindah posisi gigi hampir-hampir membuat putus asa dan menyerah untuk ditolong oleh mobil pick-up tim sweeper, apalagi turunan-turunan tajamnya, kalau tidak hati-hati pasti terjungkal, disini peranan group-set dan rem yang pakem sangat diandalkan…pantesan saja teman-teman petrobikes hampir semuanya serius dengan perlengkapannya…dan juga safetynya.


Rasanya kaget juga dengan teman-teman petrobikers, banyak yang usianya diatas 45 tahun tetapi dengkulnya kayak jeep land rover "si Bujel" yang  3500 cc, karena disetiap tanjakan mampu melewatinya..

Pada akhirnya mampu juga saya melewati setiap rintangan hingga tanjakan terakhir dan sampai juga finish, meskipun wakil bpmigas cuma saya sendiri...hehehehe...dan kesimpulan yang harus saya laporkan ke pak Ketua (Mas Kukuh), kita kayaknya harus segera bikin Jersey seragam bpmigas,


Salam

Nanto




 
 
  
 

1 komentar:

Titi Kolomongso Ndunyo


Cak Nanto